Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
mosqueedevallauris

mosqueedevallauris

mosqueedevallauris

Sejarah Kota Bogor Dan Pekembangan nya

Sejarah Kota Bogor Dan Pekembangan nya

Sejarah Kota Bogor Dan Pekembangan nya - Kota Bogor adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak 59 km sebelah selatan Jakarta, dan wilayahnya berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor. Dahulu luasnya 21,56 km², namun kini telah berkembang menjadi 118,50 km² dan jumlah penduduknya 1.030.720 jiwa (2014). Bogor dikenal dengan julukan kota hujan, karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Kota Bogor terdiri atas 6 Kecamatan yang dibagi lagi atas sejumlah 68 Kelurahan. Pada masa Kolonial Belanda, Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg (pengucapan: boit'n-zôrkh", bœit'-) yang berarti "tanpa kecemasan" atau "aman tenteram".



Hari jadi Kabupaten Bogor dan Kota Bogor diperingati setiap tanggal 3 Juni, karena tanggal 3 Juni 1482 merupakan hari penobatan Prabu Siliwangi sebagai raja dari Kerajaan Pajajaran.


Bogor (berarti "enau") telah lama dikenal dijadikan pusat pendidikan dan penelitian pertanian nasional. Di sinilah berbagai lembaga dan balai penelitian pertanian dan biologi berdiri sejak abad ke-19. Salah satunya yaitu, Institut Pertanian Bogor, berdiri sejak awal abad ke-20.Sumber wikipedia.

Menurut para ahli sejarah, konon Bogor pada jaman dahulu merupakan tempat berdirinya Kerajaan Hindu Tarumanegara yaitu pada abad ke-5. Selain itu kerajaan- kerajaan lainya juga mulai dibangun pada wilayah ini karena dulunya kota Bogor merupakan kota yang sangat tenang dan juga di halangi oleh banyaknya bukit dan gunung sehingga dipercaya aman dari serangan musuh.

Baca Juga:Sejarah Kota Bandung


Salah satu kerajaan lain yang ikut berada di wilayah Bogor tersebut adalah Kerajaan Sunda dengan ibu kota pemerintahan Pakuan atau Padjajaran. Saat itu kerajaan Sunda tersebut dipimpin oleh Prabu Siliwangi atau yang disebut juga sebagai Sri Baduga Maharaja diresmikan penobatannya pada tanggal 3 juni dan tanggal tersebut hingga kini dijadikan sebagai hari lahir kota Bogor. Hal ini dibuktikan dengan banyak ditemukannya prasasti- prasasti yang konon memiliki kekuatan ghaib sehingga dilestarikan sebagai wujud dan bukti sejarah.


Selain dikenal dengan sejarah kerajaannya, kota Bogor juga dikenal dengan sejarah colonial Belanda atau pada jaman penjajahan Belanda. Saat itu Bogor direncanakan untuk dibuat sebagai tempat perisitirahatan para Jendral Belanda yaitu Gubernur Jendral Gustaaf Willem Baron Van Imhoff dengan membangun Istana Bogor serta dibangun pula Jalan Raya Deandless yang menghubungkan Batavia (Jakarta) dengan kota Bogor. Selain itu saat Belanda menduduki wilayah Bogor, mereka mulai menyatukan daerah- daerah yang ada di Bogor dan juga menamai Puncak sebagai Biitenzorg yang berarti aman atau tentram.


Tak sampai disitu, setelah pasukan Belanda menyerah dan meninggalkan Bogor. Mulainya Inggris datang dan menguasai Bogor dibawah pimpinan Gubernur Jendral Raffles yang merenovasi halaman Istana Bogor menjadi Kebun Raya. Raffles juga merupakan orang yang pertama kali menemukan keberadaan Bunga Bangkai saat melakukan ekspedisi bersama dengan penduduk lokal Bogor.


Sebelumnya pada saat pemerintahan Jepang, wilayah Bogor mengalami keterpurukan namun, semua itu kembali setelah jepang ditaklukan oleh Belanda dan mulailah dilakukan pembangunan. Seiring dengan berkembangnya jaman dan kemerdekaan Indonesia berhasil direbut kembali, wilayah Bogor mulai ditata dan ditetapkan wilayah administratifnya hingga kini.sumber

Share this post

Repost 0

Comment on this post